Promo khusus dari Tupperware sambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021

Jumat, 01 Oktober 2021 | 14:18 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Promo khusus dari Tupperware sambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021

ILUSTRASI. Promo khusus dari Tupperware sambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021


PROMO TUPPERWARE - Jakarta. Hari Batik Nasional selalu diperingati setiap 2 Oktober 2021. Untuk menyambut Hari Batik Nasional, Tupperware menghadirkan promo khusus pada Oktober 2021.

Produk di katalog promo Tupperware Oktober 2021 ini sangat spesial untuk menyambut Hari Batik Nasional. Pasalnya, produk di katalog promo Tupperware Oktober 2021 ini memiliki corak batik hasil karya desainer kondang Anne Avantie.

Anne Avantie adalah perancang busana kebaya dan batik kontemporer yang kondang dari Semarang, Jawa Tengah.

Untuk memperingat Hari Batik Nasional, katalog promo Tupperware Oktober 2021 dan Anne Avantie menghadirkan produk bercorak batik Sekar Jagad. "Sekar Jagad bermakna cinta tulus ibu," tulis katalog promo Tupperware Oktober 2021.

Peringatan Hari Batik Nasional dirayakan di Indonesia pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Perayaan Hari Batik Nasional dimulai sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009. Proses peresmian batik sebagai Warisan Budaya Bukan Benda itu berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Baca juga: Cek tawaran promo Dekade Tiket.com, ada diskon pesawat, hotel, kereta api dll

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com pada 1 Oktober 2021, batik Indonesia masuk dalam 76 warisan budaya nonbenda dunia. Dari 76 seni dan budaya warisan dunia yang diakui Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), Indonesia menyumbangkan satu warisan. Sementara itu, China menyumbang 21 dan Jepang 13 warisan.

Menurut UNESCO, teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

Batik juga menjadi refleksi akan keberagaman budaya di Indonesia, yang terlihat dari sejumlah motifnya. Pengaruh Arab dalam motif hias yang biasa ditemui di seni kaligrafi, pengaruh Eropa dalam bentuk motif bunga, pengaruh China dalam motif phoenix (burung api), hingga pengaruh India dan Persia dalam motif merak.

Batik Indonesia, baik yang berfungsi sebagai pakaian sehari-hari, pakaian mode, atau yang lainnya bahkan juga digunakan oleh masyarakat di sejumlah negara termasuk Myanmar, Singapura, Malaysia, dan Afrika. Di Indonesia, batik digunakan sebagai busana sehari-hari dalam lingkungan formal seperti bisnis atau akademik, juga informal seperti merayakan pernikahan.

Namun, sekarang batik tidak hanya identik dengan acara tradisional atau kegiatan budaya. Batik sudah menjadi fashion sehari-hari yang bisa dikenakan semua umur termasuk anak muda.

Pengakuan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional diiringi perayaan di Indonesia. Pada 7 September 2009, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) saat itu, Aburizal Bakrie, mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ingin masyarakat Indonesia menggunakan batik pada 2 Oktober 2009.

"Presiden meminta tanggal 2 Oktober nanti masyarakat Indonesia memakai batik sebagai bentuk penghargaan terhadap batik," ujar kata Aburizal, seperti diberitakan Kompas.com, 7 September 2009.

 

Berikut katalog promo Tupperware Oktober 2021 khusus menyambut Hari Batik Nasional yang dikutip dari situs Tupperware Indonesia.

Katalog promo Tupperware Khusus Menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021  Melamine Dining Plate

Katalog promo Tupperware Oktober 2021

Katalog promo Tupperware Khusus Menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 Trio Server

katalog promo tuppware Oktober 2021

Katalog promo Tupperware Khusus Menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 Melamin Large Plate

Katalog promo Tupperware Oktober 2021

Katalog promo Tupperware Khusus Menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 Melamine Soup Bowl

Katalog promo Tupperware Oktober 2021

Katalog promo Tupperware Khusus Menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 Melamine Set

katalog promo Tupperware Oktober 2021

Itulah beragam katalog promo Tupperware yang hadir khusus untuk menyambut Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021. Selamat Hari Batik Nasional

 

Selanjutnya: Hari Batik Nasional, ada promo Sekar Jagad Anne Avantie di katalog Tupperware Oktober

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru