Jangan sampai salah beli, ini beda oven listrik dan microwave

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:40 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Jangan sampai salah beli, ini beda oven listrik dan microwave


ALAT ELEKTRONIK - Oven listrik dan microwave adalah dua alat elektronik dapur yang umum digunakan, namun banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan keduanya. Apakah keduanya alat yang sama, atau berbeda?

Kenyataannya, oven listrik dan microwave adalah dua alat elektronik dapur yang memiliki fungsi hampir sama, namun memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Hal ini tentu penting diketahui oleh Anda yang ingin membeli oven listrik atau microwave agar tidak salah beli.

Nah, jika Anda penasaran apa saja perbedaannya, yuk simak artikel ini. Dilansir dari Appliance City UK dan Kitchen Arena Malaysia, berikut perbedaan antara oven listrik dan microwave.

Baca Juga: Cari oven listrik? Ini tawaran produk watt listrk kecil tapi bermutu

Oven Listrik

Oven listrik adalah alat yang berfungsi untuk memasak dan memanaskan makanan. Untuk melakukan hal tersebut, oven listrik menggunakan panas yang dihasilkan oleh arus listrik yang berada di dalam oven.

Oven listrik memiliki kenop pengatur suhu untuk mengatur suhu dalam oven sesuai dengan jenis makanan yang dimasak. Umumnya, oven bekerja dengan cara memanaskan ruangan dalam oven menggunakan elemen pemanas di atas dan bawah oven, sehingga makanan di dalamnya akan ikut panas dan matang.

Kelebihan oven listrik dibanding microwave di antaranya:

  • Multifungsi, dapat digunakan untuk memanggang dan membakar makanan. Beberapa oven listrik bahkan memiliki fungsi memanaskan makanan seperti microwave.
  • Suhu oven dapat dikontrol sesuai jenis makanan yang dimasak.
  • Suhu dalam oven dapat tersebar secara merata.

Sementara itu, kekurangan oven listrik dibanding microwave antara lain:

  • Umumnya, oven membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak makanan daripada microwave.
  • Harganya cenderung lebih mahal.
  • Beberapa jenis oven tidak memiliki sistem penyebaran panas yang merata, sehingga masakan Anda bisa tidak matang sempurna. Periksalah fitur dan spesifikasi oven untuk menghindari hal ini.

Baca Juga: Kunci ampuh menghindari makanan agar tidak cepat basi

 

Microwave

Microwave adalah alat elektronik dapur dengan fungsi yang hampir sama seperti oven, hanya saja microwave menggunakan gelombang elektromagnetik untuk memanaskan dan memasak makanan.

Berbeda dengan oven, microwave menggunakan panas dari gelombang elektromagnetik untuk memanaskan makanannya saja. Jadi, ruangan di dalam microwave tidak ikut dipanaskan.

Berikut beberapa kelebihan microwave dibandingkan oven listrik:

  • Mudah digunakan, Anda hanya tinggal memasukkan makanan ke dalamnya dan mengatur timer, kemudian tunggu makanan jadi.
  • Memasak dan memanaskan makanan lebih cepat daripada oven listrik.
  • Harganya cenderung lebih terjangkau.
  • Lebih mudah dibersihkan dan berukuran lebih kecil, sehingga tidak boros tempat.

Sementara itu, berikut kekurangan microwave dibandingkan dengan oven listrik:

  • Tidak cocok digunakan untuk memanaskan makanan besar dan tebal seperti daging, karena tingkat kematangannya tidak akan sempurna dan merata.
  • Rawan rusak jika tidak digunakan dengan benar.
  • Ada beberapa makanan atau barang yang tidak boleh dipanaskan di dalam microwave karena dapat meledak atau menyebabkan api, seperti telur utuh atau benda metal.

Baca Juga: Yuk, hitung keuntungan dari usaha salad bar

Mana yang lebih baik?

Nah, tadi sudah dijelaskan cara kerja oven listrik dan microwave, serta kelebihan dan kekurangannya. Pertanyaannya, manakah yang lebih baik untuk Anda?

Jawabannya tergantung kebutuhan Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan alat yang multifungsi, gunakan oven. Jika Anda hanya butuh memanaskan makanan atau memasak makanan instan dengan cepat, maka Anda bisa menggunakan microwave.

Jangan lupa untuk terus melakukan riset dan berbagai pertimbangan sebelum memilih barang yang cocok untuk Anda, ya. Selamat memilih!

Selanjutnya: Ini Dia 4 Rekomendasi Oven Listrik di Bawah Rp1 Juta, Terjangkau!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru