Catat Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta, Dapat Varian Mirip Vespa

Selasa, 28 November 2023 | 11:36 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta, Dapat Varian Mirip Vespa

ILUSTRASI. Pekerja menata kendaraan listrik pada ruang pamer sepeda motor Uwinfly di kawasan Otista, Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


HARGA MOTOR - JAKARTA. Simak harga motor listrik subsidi di bawah Rp 10 jutaan saja. Merek seperti Volta, Exotic, Uwinfly, hingga Greentech tentu masuk dalam molis yang wajib dilirik. Pembidik molis bisa mempertimbangkan beberapa varian skutik yang kian populer.

Merek skutik listrik seperti Volta, Exotic, Uwinfly, hingga Greentech mudah dicari melalui toko resmi di marketplace alami kenaikan.

Kini terbaru, program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari Pemerintah mulai berlaku mulai Maret 2023 lalu.

Adapun 3 pabrikan berikut memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di atas 40%.

Baca Juga: Persaingan Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Semakin Ketat

Sepeda motor listrik Volta

Beberapa varian ini tampil layaknya skutik Honda maupun Yamaha. Salah satu pilihan murah ada memiliki tampilan skutik pada umumnya.

Salah satunya, skutik listrik Exotic Sprinter ini memiliki model seperti Vespa matic dengan tetap di bawah Rp10 jutaan.

Pembidik skutik listrik bisa mendaftarkan diri ke masing-masing diler untuk menerima diskon dari subsidi pemerintah. Artinya subsidi sebesar Rp7 juta untuk setiap pembelian motor listrik berbasis baterai bisa diterima oleh konsumen yang mememuhi syarat.

Skutik listrik jadi pertimbangan untuk mencari alternatif kendaraan ramah lingkungan. Pembidik bisa belanja secara online motor listrik melalui toko resmi di Tokopedia dan Shopee.

Baca Juga: 7 Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh lewat Sekali Mengisi Daya

Nantinya, Anda diarahkan untuk mendapatkan STNK bersama plat nomor khusus yang bisa diambil sesuai kantor SAMSAT penerbit.

Keunggulan motor listrik

Ada beberapa keunggulan dibandingkan dengan mesin pembakaran bensin atau diesel.

Motor listrik umumnya jauh lebih efisien dibandingkan mesin pembakaran dalam, mengubah lebih banyak energi listrik menjadi gerakan dibandingkan dengan mesin bensin atau diesel. Keunggulan efisiensi ini tercermin dalam jarak tempuh yang lebih besar per kWh energi yang digunakan.

Dari segi operasional, kendaraan listrik lebih hemat biaya dibandingkan kendaraan bermesin pembakaran dalam. Biaya pengisian daya motor listrik umumnya lebih ekonomis daripada bahan bakar fosil, dan biaya pemeliharaannya seringkali lebih terjangkau karena motor listrik memiliki sedikit bagian bergerak yang memerlukan perbaikan.

Mesin motor listrik menyediakan torsi seketika, memberikan percepatan yang responsif dan cepat. Kendaraan listrik biasanya menawarkan akselerasi yang lebih baik daripada kendaraan bermesin pembakaran dalam.

Tidak hanya itu, kinerja mesin listrik hampir tanpa suara saat beroperasi, menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang, serta menciptakan lingkungan kota yang lebih tenang.

Baca Juga: Periksa Motor Yamaha NMax Bekas Tahun Muda, Harga Selisih Rp5 Juta dari Varian Baru

Pengisian daya motor listrik bisa lebih nyaman daripada mengisi bahan bakar, terutama jika Anda memiliki akses ke stasiun pengisian daya di rumah atau di tempat kerja. Anda dapat mengisi daya di malam hari dan memiliki kendaraan siap digunakan di pagi hari.

Motor listrik dari merek lokal Indonesia yang bisa jadi pertimbangan untuk mencari alternatif skutik. Cek rangkuman harga motor listrik Volta, Exotic, Uwinfly, hingga Greentech.

Harga motor listrik di bawah Rp 10 juta

  1. Volta 401 menjadi Rp9,9 jutaan.
  2. Exotic Sterrrato menjadi Rp5,5 jutaan.
  3. Exotic Vito menjadi Rp5,7 jutaan.
  4. Exotic Mizone menjadi Rp6,1 jutaan.
  5. Exotic Sprinter menjadi Rp7,9 jutaan.
  6. Exotic Sprinter Pro-Max menjadi Rp7,9 jutaan.
  7. Uwinfly N9 Pro Smart menjadi Rp8,2 jutaan.
  8. Greentech Scood menjadi Rp9,5 jutaan.
  9. Greentech AERO menjadi Rp8,9 jutaan.
  10. Greentech VP menjadi Rp9,7 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru