Produk Baru

Yamaha R7 bakal segera diproduksi, simak bocoran generasi terbaru motor sport ini

Minggu, 14 Maret 2021 | 12:40 WIB Sumber: Great Biker
Yamaha R7 bakal segera diproduksi, simak bocoran generasi terbaru motor sport ini

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Yamaha sedang mempersiapkan langkah untuk memulai produksi dari Yamaha R7 atau Yamaha YZF-R7. Kini, Yamaha bersiap menguji prototipe dan menyelesaikan dokumen resmi di Amerika Serikat.

Sebelumnya, muncul banyak rumor mengenai motor sport baru Yamaha YZF-R7 dengan kode fairing penuh. Pabrikan asal Jepang ini sempat diisukan akan menggunakan mesin dari varian Yamaha MT-07.

Mengutip dari Greatbiker, dokumen Yamaha mengungkapkan, motor sport Yamaha YZF-R7 akan dibekali mesin dari Yamaha MT-07 dengan sedikit pembaruan. Bahkan, Yamaha berencana akan menguji mesin ini dalam model prototipe Yamaha R7 di California.

Yamaha dilaporkan sedang mengajukan dokumen ke California Air Resources Board (CARB) dan menunjukkan bahwa Yamaha YZF-R7 akan memiliki dua sub-varian.

Baca Juga: Duh, Yamaha YZF-R6 bakal disuntik mati di dua wilayah ini

Generasi terbaru motor sport Yamaha R7 segera diproduksi, simak penjelasannya

Yamaha belum membocorkan perbedaan dari 2 varian motor sport Yamaha terbaru tersebut. Hal ini dianggap sebagai bukti penting persiapan peluncuran model dari Yamaha YZF-R7 dalam waktu dekat.

Yamaha YZF-R7 tidak bisa dibanding YZF-R6 dengan karakter dan mesin yang cukup berbeda.

YZF-R6 dianggap sebagai motor sport full-fledged, dengan spesifikasi racetrack. Diprediksi YZF-R7 akan berbeda dengan kelas yang tujukan sebagai kendaraan dengan penggunaan sehari-hari.

Aprilia sudah disinyalir bisa sukses dengan motor sport seperti RS660 bermesin dua silinder, sehingga Yamaha juga sudah melihat target audiensnya sebagai pesaingnya.

Baca Juga: Rayakan 20 tahun mengaspal, Yamaha TMAX dirilis dalam edisi khusus

Generasi terbaru motor sport Yamaha R7 segera diproduksi, simak penjelasannya

Fitur paling menonjol dari mesin MT-07 2 silinder 689cc yang diharapkan akan digunakan pada YZF-R7 adalah pengapian cross-plane crankshaft (CP) intermiten.

Untuk memberikan tenaga besar mesin motor sport Yamaha ini dapat menampung tenaga hingga 74 horsepower. Yamaha mengklaim, mesin Yamaha MT-07 telah melewati standar EURO 5. Artinya, Yamaha diprediksi turut memasarkan Yamaha YZF-R7 di Eropa juga.

Namun, dalam pengembangan YZF-R7 diyakini tidak hanya mesin dari Yamaha MT-07, tetapi juga harus ditingkatkan dari segi sasis dan suspensi baru. Sesuai dengan kebanyakan motor sport, fitur bodi motor diharapkan mirip dengan MT-07 serta suspensi depan upside-down.

Dari segi harga, nilai motor sport Yamaha R7 diyakini hampir setengah lebih murah dari varian R6. Yamaha YZF-R6 kini dijual di Indonesia dengan harga Rp 270 juta.

Yamaha YZF-R7 diprediksi akan resmi diluncurkan pada 2022. 

Selanjutnya: Paten sepeda motor listrik Honda ini dilengkapi drone, simak penjelasannya

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru