Mulai Rp 300 Juta, Ini Sejumlah Pilihan Rumah di Jakarta

Senin, 07 Februari 2022 | 10:10 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai Rp 300 Juta, Ini Sejumlah Pilihan Rumah di Jakarta


LELANG RUMAH SITAAN - JAKARTA. Siapa dari Anda yang tengah mencari rumah tinggal seputaran Kota Jakarta? Biasanya, banyak yang memilih rumah di Jakarta karena ingin dekat dengan lokasi tempat kerja ditambah lagi akses transportasi yang mudah. 

Ada beberapa rumah dengan harga terjangkau dilelang melalui situs pemerintah yang bisa jadi pertimbangan. Rumah-rumah tersebut bisa dicari dengan harga yang cocok secara daring (online) melalui laman lelang.go.id, milik pemerintah. 

Di situs tersebut mulai dari rumah, tanah, hingga apartemen pun ditawarkan. 

Berikut rumah yang ditawarkan mulai dari Rp 300 juta yang ada di seputaran DKI Jakarta, di antaranya: 

A. Lelang rumah di Jakarta Timur 

- Harga Rp 300 Jutaan 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melelang satu bidang tanah beserta bangunannya berupa rumah tapak yang terletak di wilayah Jakarta Timur, dengan total luas lahan 83 meter persegi (m2). 

Adapun nilai lelang yang ditawarkan mulai Rp 382 juta. Lokasi rumah tersebut berada di Jalan Balong Kirai Sari Nomor 20, RT 012/RW 09, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jaktim. 

Baca Juga: Menakar Dampak Omicron Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2022

Penyelenggara lelang ini adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I. Untuk batas akhir penawaran akan ditutup pada 9 Februari pukul 15.00 WIB. 

- Harga Rp 600 Jutaan 

Masih di kawasan Jakarta Timur, PT Bank Danamon Tbk menawarkan satu bidang tanah seluas 90 meter persegi beserta bangunannya berupa rumah tapak. 

Nilai rumah yang ditawarkan sebesar Rp 654 juta. Rumah ini terletak di Perumahan Pulo Gebang Permai, Jalan Pulau Andalas 4 Blok A8 Nomor 15 RT 005/RW 0010, Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Penyelenggara lelang rumah ini adalah KPKNL Jakarta IV. Perlu dicatat, batas akhir penawaran rumah ini hingga 16 Februari, pukul 09.30 WIB. 

Baca Juga: Kementerian PUPR Segera Lakukan Lelang Dini Pembangunan Infrastruktur Tahun 2022

B. Lelang rumah di Jakarta Utara 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melelang satu bidang tanah seluas 79 meter persegi beserta bangunan rumahnya di Kota Jakarta Utara. Rumah ini ditawarkan dengan nilai limit Rp 847 jutaan. 

Letak rumah tersebut berada di Jalan Kebon Bawang IV Nomor 28 RT 007/RW 08, Kelurahan Kebon Bawangm Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. KPKNL Jakarta I merupakan penyelenggara dari lelang ini. 

Adapun batas akhir penawaran ditutup pada 9 Februari, pukul 14.00 WIB.   

C. Lelang rumah di Jakarta Barat 

PT Bank Permata Tbk menawarkan satu bidang tanah berserta bangunannya seluas 65 meter persegi di Jakarta Barat. Nilai limit yang ditawarkan sebesar Rp 631 jutaan. Dengan batas akhir penawaran 15 Februari, pukul 10.30 WIB. 

Rumah ini terletak di Jalan Bojong Raya Blok B Nomor 5, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.  Tepatnya di Perumahan Mutiara Puri Kembangan Blok B Nomor Kav. 5. 

Adapun penyelenggara lelang dilakukan oleh KPKNL Jakarta V. D. Lelang rumah di Jakarta Selatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menawarkan satu bidang tanah beserta bangunan rumahnya dengan luas lahan 64 meter persegi di Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Ini NFT Termahal Di Dunia Tahun 2022 & Cara Membuat, Menjual Serta Membeli NFT

Nilai limit yang ditawarkan sebesar Rp 428 jutaan. Perlu diketahui, penawaran lelang ini berakhir pada 9 Februari, pukul 09.30 WIB. Adapun lokasi rumah tersebut berada di Kelurahan Gandaria Utara RT 009/RW 010, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Pelaksana lelang rumah tersebut adalah KPKNL Jakarta II. E. Lelang rumah di Jakarta Pusat Bank Mandiri juga menawarkan satu bidang tanah berupa bangunannya yang merupakan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) seluas 106 meter persegi di Jakarta Pusat. 

Dengan nilai limit ditawarkan Rp 1,37 miliar. Letak bangunan tersebut berada di Jalan Tembaga Dalam II Nomor L92 C, RT 011/RW 003, Kelurahan Harapan Mulia, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Pelaksana lelang ini menjadi ranah KPKNL Jakarta I. 

Baca Juga: BTN bidik penjualan dari lelang properti capai Rp 1,73 triliun di akhir 2021

Perlu diingat, batas akhir penawaran lelang pada 9 Februari, pukul 14.00 WIB.   Tata cara dan persiapan ikut lelang Sebelum mengikuti lelang di lelang.go.id, para peserta lelang harus mempersiapkan KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), rekening tabungan. 

Diperlukan untuk melakukan aktivasi akun pada situs tersebut. Untuk membuat serta mengaktivasi akun berikut caranya: 

1. Membuka platform lelang.go.id 

Setelah aplikasi lelang.go.id terbuka maka klik di sisi kanan atas pilih Daftar 

2. Masukkan data diri 

Tahap selanjutnya, ikuti perintah yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, seperti memasukkan data diri, berupa nama lengkap sesuai KTP, e-mail, nomor telepon, dan password. Data yang dimasukkan dipastikan data yang benar dan valid. 

3. Aktivasi akun 

Kemudian buka e-mail yang digunakan dalam pendaftaran tersebut di atas. Karena kode aktivasi akan dikirimkan melalui e-mail yang terdaftar. 

Setelah klik Aktivasi maka keikutertaan selaku penjual/peserta lelang sudah bisa dipergunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berburu Rumah Mulai Rp 300 Juta di Jakarta, Ini Pilihannya"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru