Mobil Bekas Rp 80 Jutaan dari SUV, Hatchback hingga MPV Jelang Tahun Baru 2024

Selasa, 26 Desember 2023 | 19:05 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Mobil Bekas Rp 80 Jutaan dari SUV, Hatchback hingga MPV Jelang Tahun Baru 2024

ILUSTRASI. Mobil Bekas Rp 80 Jutaan dari SUV, Hatchback hingga MPV /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/12/2023.


HARGA MOBIL BEKAS - JAKARTA. Pencari mobil bekas yang mulai dari Rp80 jutaan bisa Anda pilih mulai dari hatchback hingga SUV. Jika Anda mencari mobil bekas dengan harga tersebut, dapat mempertimbangkan berbagai jenis mobil, termasuk hatchback, MPV, dan SUV.

Namun, penting untuk diingat bahwa mobil bekas yang ditawarkan memiliki kondisi yang bervariasi, dipengaruhi oleh sejarah pemakaian sebelumnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh, meliputi pengecekan mesin, fitur mobil, sistem kelistrikan, lampu-lampu, dan komponen-komponen penting lainnya.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas yang dipilih memiliki kondisi yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan serta ekspektasi Anda.

Baca Juga: Honda Perluas Jaringan Dealer Mobil Bekas Honda Bersertifikasi di Jambi

Sebelum memilih mobil bekas

Mobil bekas SUV

Sebelum membeli mobil bekas Anda perlu mencatat hal-hal berikut ini.

  • Periksa Riwayat Kendaraan: Ketahui riwayat kendaraan mobil bekas yang Anda minati. Periksa riwayat servis dan perawatan, serta pastikan mobil tidak terlibat dalam kecelakaan serius atau banjir.
  • Periksa Kondisi Fisik Mobil: Lakukan pemeriksaan fisik mobil secara menyeluruh. Periksa mesin, transmisi, suspensi, rem, ban, dan perlengkapan lainnya. Periksa juga apakah ada tanda-tanda kecelakaan atau kerusakan.
  • Lakukan Test Drive: Selalu lakukan uji coba berkendara (test drive) untuk merasakan kenyamanan, keamanan, dan performa mobil. Uji coba fitur-fitur seperti sistem rem, sistem suspensi, dan sistem kelistrikan.
  • Periksa Dokumen Kendaraan: Pastikan bahwa dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, dan buku servis lengkap dan sah. Periksa nomor mesin dan nomor rangka apakah sesuai dengan dokumen.

Riwayat perawatan juga menjadi catatan dari pemilik sebelumnya, atau cek secara online melalui website resmi pabrikan.

Intip harga mobil bekas dirangkum Kontan.co.id dari situs Gridoto untuk mudik dengan banderol murah.

Baca Juga: Ini Mobil Toyota Hiace Premio dan Commuter, Cek Harga dan Spesifikasinya

Harga mobil bekas

1. Honda Brio

Brio menggunakan mesin i-VTEC + DBW 4-silinder 1.200cc, memberikan tenaga maksimal 90 horsepower dan torsi maksimal 110 Nm. Transmisi yang digunakan adalah manual 5-percepatan untuk sebagian besar tipe, dengan beberapa varian dilengkapi transmisi CVT dan Earth Dreams Technology.

Mobil bekas Honda Brio tahun 2013 tipe Satya S jadi pilihan ini mencapai sekitar Rp80 jutaan.

2. Daihatsu Xenia

Xenia generasi ini hadir dalam varian mesin 1.0 L dan 1.3 L. Mesin varian 1.0 L menggunakan mesin EJ-VE 3-silinder 12 katup DOHC VVT-i 1.000 cc, sedangkan varian 1.3 L menggunakan mesin K3-VE 1.3 liter 4-silinder 16 katup DOHC with VVT-I sebesar 1.300 cc.

Xenia memiliki transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Harga termurah untuk varian Li atau Mi tahun 2011 saat ini sekitar Rp70 juta.

3. Daihatsu Ayla

Ayla generasi kedua ini bersaing dalam kategori low cost green car (LCGC) dan mendapatkan facelift pada tahun 2017. Ditenagai oleh mesin 1KR-DE EFI dengan DOHC kapasitas 1.0 liter (998cc) dan 3 silinder, serta varian 1.2 liter dengan mesin 3NR-VE dan dual VVT-i.

Ayla memiliki suspensi depan MacPherson Strut dengan coil spring dan belakang Torsion Beam. Tersedia transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Keamanan Ayla mendapat sertifikasi ASEAN NCAP dengan empat bintang di uji tabrakan.

Daihatsu Ayla Saat Acara Go Go Goal Xenia

4. Toyota Rush

Rush, SUV kompak yang dirilis pada 2007, memiliki mesin berkapasitas 1.500cc dan 4 silinder, memberikan tenaga maksimum 109 horsepower dan torsi 145 Nm. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi multipoint injection untuk efisiensi bahan bakar. Tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Rush diinspirasi dari rancang bangun MPV Toyota Avanza, dan generasi pertamanya dipasarkan dari 2007 hingga 2010 sebelum facelift.

5. Nissan X-Trail

X-Trail, SUV dari Nissan, memiliki harga awal sekitar Rp70 jutaan di awal tahun 2023. Tersedia dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2.000cc dengan kode QR20DE menghasilkan 150 horsepower dan torsi 200 Nm, serta mesin bensin 2.500cc dengan tenaga maksimal 180 horsepower dan torsi 245 Nm.

Mobil X-Trail pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2003 dan bersaing dengan Honda CR-V dan Isuzu Panther.

Untuk itu, dari daftar harga mobil bekas Rp80 jutaan bisa jadi rekomendasi pembidik SUV dan MPV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru