Mengenal VOOC, teknologi pengisian daya super cepat dari OPPO

Minggu, 05 September 2021 | 07:00 WIB Sumber: OPPO,Wikipedia
Mengenal VOOC, teknologi pengisian daya super cepat dari OPPO


KONTAN.CO.ID - Salah satu teknologi yang menjadi keunggulan OPPO adalah teknologi pengisian super cepat VOOC. Pada versi terbaru, pengguna smartphone OPPO dapat memanfaatkan pengisian daya sebesar 65W, ketika kebanyakan smartphone masih menggunakan pengisian daya 18W atau kurang.

Apa Itu VOOC?

Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC) dikenal dengan istilah lain pada beberapa merek smartphone. Merek OnePlus menamainya sebagai Warp Charge atau Dash Charge, sementara Realme menyebutnya sebagai Dart Charge.

VOOC bekerja dengan cara meningkatkan arus pada USB 2.0, bukan meningkatkan tegangan seperti yang terjadi pada Qualcomm Quick Charge. Hal ini membuat pengisian daya lebih cepat dan aman. VOOC bekerja dengan meningkatkan arus maksimal hingga 90% daya terisi, lalu kembali normal hingga mencapai 100%.

Baca Juga: Cocok untuk Anda yang Suka Browsing, Samsung A03s Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

​Perkembangan VOOC

Teknologi VOOC mulai dikembangkan pada tahun 2014, dengan nama VOOC. Oppo Find 7 ketika itu memiliki pengisian daya yang bekerja pada arus 5V/4A ketika kebanyakan pengisian daya beroperasi pada 5V/1A. Pada tahun 2015, VOOC 2.0 memiliki bentuk yang lebih ramping dan mampu mengisi daya 3500mAh dalam waktu 100 menit.

Pada tahun 2019, VOOC 3.0 keluar dengan kemampuan 23, 8% lebih baik ketimbang versi sebelumnya. Mengisi daya yang bekerja pada arus 5V/5A ini mampu mengisi daya ponsel hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Teknologi VOOC selanjutnya berubah menjadi Super VOOC di tahun 2018. Pengisian daya dengan kapasitas 50W ini mampu mengisi baterai secara seri. Selanjutnya, di tahun 2020, VOOC dan Super VOOC sama-sama dikembangkan. VOOC 4.0 dikembangkan dengan kapasitas 30W yang mampu mengisi daya 67% dalam 30 menit, sementara Super VOOC 2.0 berkapasitas 65W hanya membutuhkan waktu 26 menit saja. 

125W Flash Charge 

Super VOOC 3.0 diperkirakan akan hadir dalam waktu dekat. Namun, selain Super VOOC, OPPO sebenarnya juga mengenalkan varian pengisian daya super cepat lainnya, yaitu 125W Flash Charge.

Baca Juga: Galaxy Tab S7 FE 5G, Tab Baru Samsung dengan Jaringan 5G

Meskipun arus daya yang dikirimkan sangatlah besar, tetapi teknologi pengisian daya super cepat ini membuat smartphone tidak akan bersuhu lebih dari 40% ketika layar dimatikan saat pengisian daya terjadi. Baterai berkapasitas 4000 mAh akan terisi penuh dalam waktu 20 menit saja.

Selanjutnya: Mengenal Teknologi Laptop Hybrid

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amry Hidayat

Terbaru