Diskon pajak resmi berlaku, ini harga mobil baru Toyota Fortuner di Jakarta

Senin, 05 April 2021 | 11:35 WIB Sumber: Kompas.com
Diskon pajak resmi berlaku, ini harga mobil baru Toyota Fortuner di Jakarta


HARGA MOBIL - Jakarta. Harga mobil baru Toyota Fortuner turun mulai April 2021 ini. Penurunan harga mobil Toyota Fortuner karena diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) resmi berlaku

Pemerintah akhirnya resmi mengeluarkan diskon pajak PPnBM untuk mobil berkapasitas 1.501 cc sampai 2.500 cc. Hal ini melengkapi relaksasi PPnBM sebelumnya yang hanya berlaku untuk mobil di bawah 1.500 cc.

Melalui keterangan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), petunjuk pelaksana regulasi tersebut dijabarkan lebih rinci. Tepatnya lewat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Regulasi ini merupakan turunan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PKM.010/2021 tentang peluasan diskon PPnBM untuk mobil baru berlaku mulai 1 April 2021. Kemenperin juga menetapkan mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM harus memenuhi persyaratan pembelian lokal (local purchase) paling sedikit 60 persen.

Dalam keputusan ini, Kemenperin menjabarkan beberapa daftar mobil baru yang bisa menikmati diskon PPnBM dengan kubikasi di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc. Salah satunya yaitu Toyota Fortuner, khususnya untuk model bermesin diesel 2.500 cc, sementara varian bermesin bensin 2.700 cc tidak dapat PPnBM.

Baca juga: Cek! Daftar lengkap 29 kendaraan yang dapat diskon perluasan relaksasi PPnBM

Berdasarkan keterangan salah satu pramuniaga di Jakarta utara, harga mobil baru Fortuner turun sekitar Rp 33 jutaan sampai Rp 40 jutaan dari harga lama. “Misalnya untuk Fortuner 2.4 TRD Sportivo AT yang dulunya dijual Rp 575,1 juta, sekarang turun Rp 36,6 juta menjadi Rp 538,5 juta,” ujar Pramuniaga kepada Kompas.com (2/4/2021).

Selain mendapat diskon PPnBM, diler juga memberi tambahan potongan harga untuk mobil baru Toyota Fortuner, sehingga harganya menjadi jauh lebih murah. “Untuk Toyota Fortuner kita beri tambahan diskon Rp 5 juta. Potongan harga mobil tersebut berlaku untuk semua tipe Fortuner yang dapat PPnBM,” katanya.

Potongan harga mobil baru yang sama juga diberikan oleh diler Toyota di Jakarta Pusat. “Toyota Fortuner ada tambahan diskon diler Rp 5 juta,” ucap pramuniaga Toyota di Jakarta Pusat kepada Kompas.com (4/4/2021).

Baca juga: Dapat diskon pajak, harga kijang Innova turun hingga Rp 32 juta

Seperti contoh, harga mobil baru Fortuner 2.4 VRZ 4x4 A/T (diesel) Rp 711,6 juta. Kemudian mendapat potongan Rp 40,7 juta (diskon dan penurunan harga karena PPnBM 0 persen), sehingga harga mobil baru Toyota Fortuner saat ini menjadi Rp 670,9 juta.

Ditambah dengan diskon dilernya Rp 5 juta. Jadi harga setelah PPnBm dan diskon diler harganya menjadi Rp 665,9 juta.

Itulah harga mobil baru Toyota Fortuner dengan diskon PPnBM hingga 50 persen. Jika ingin ganti mobil, segera manfaatkan diskon tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dapat Insentif Pajak dan Diskon, Fortuner Bisa Lebih Murah Rp 45 juta",


Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Agung Kurniawan

 

Selanjutnya: Harga Mobil CR-V turun hingga Rp 36 jutaan karena dapat diskon PPnBM, ini rinciannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru