Cek Harga Wuling Air EV Semua Varian, Berapa Biaya Pengisian Dayanya?

Rabu, 11 Oktober 2023 | 12:07 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cek Harga Wuling Air EV Semua Varian, Berapa Biaya Pengisian Dayanya?

ILUSTRASI. Cek Harga Wuling Air EV Semua Varian, Berapa Biaya Pengisian Dayanya?


Harga Wuling Air EV  - JAKARTA. Cek daftar harga mobil listrik Wuling Air EV yang kini tak sampai Rp 200 jutaan. Rekomendasi mobil listrik tentu dapat mempertimbangkan hatchback berikut sebagai alternatif kendaraan.

Wuling Air EV merupakan salah satu mobil listrik kecil yang diproduksi oleh Wuling Motors, perusahaan joint venture antara GM, SAIC, dan Liuzhou Wuling Motors.

Mobil ini diluncurkan pada tahun 2020 dan menjadi salah satu mobil listrik terpopuler di pasar mobil listrik China. Hingga tahun 2023, varian ini cukup dicari oleh konsumen Indonesia karena diklaim praktis di jalanan kota.

Air EV ini memiliki daya jelajah hingga sekitar 150 km dalam sekali pengisian daya baterai dan dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 100 km/jam.

Selain itu, Wuling Air EV juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kamera 360 derajat, kontrol suara, dan sistem infotainment yang terkoneksi dengan HP.

Wuling Air EV adalah mobil listrik kecil yang didesain untuk transportasi perkotaan. Namun, perlu diingat bahwa informasi ini bisa saja berubah atau diperbarui setelah tanggal tersebut.

Baca Juga: Kerahkan 100 Air ev Long Range, Wuling Jadi Official Car Partner KTT AIS Forum 2023

Wuling Air EV.

Berikut adalah beberapa informasi terkait Wuling Air EV yang beredar di Indonesia.

Baterai dan Kinerja:

Wuling Air EV adalah mobil listrik, yang berarti menggunakan baterai sebagai sumber energi utamanya. Detail tentang kapasitas baterai, jarak tempuh, dan performa akan tergantung pada spesifikasi model yang mungkin mengalami pembaruan dari waktu ke waktu.

Dari performa dan kapasitas baterai, mobil listrik Wuling Air ev punya kekuatan dengan maksimal 30 kW. Kekuatan mesin listrik kendaraan compact ini, Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh.

Varian mobil listrik Wuling Air EV tipe Standard Range bisa menempuh hingga 200 kilometer. Lewat mesin yang dimiliki oleh Air EV varian 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer.

Ukuran dan Desain:

Sebagai mobil kecil, Wuling Air EV mungkin memiliki dimensi yang kompak, ideal untuk mobilitas di perkotaan. Desainnya juga akan mempertimbangkan efisiensi aerodinamika dan estetika modern.

Wuling Air EV mungkin memiliki fitur-fitur modern seperti layar sentuh, sistem hiburan, konektivitas, AC, dan fitur keselamatan seperti rem anti-lock (ABS), sistem pengingat pengemudi, dan lainnya.

Adapun model yang diusung pada Wuling Air EV yakni tampilan eksterior future-tech. Tampilan luar dari Air EV disematkan desain Illuminous Logo dan warna dual-tone.

Fitur Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) yang siap menyambungkan Hp ke sistem dasbor Air EV.

Kemampuan dan Fasilitas:

Untuk varian Long Range, Air EV menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar 10,25 inch.

Keselamatan Wuling Air EV dilengkapi dengan compact ini dengan fitur safety yang lengkap. Varian dual airbag dari Air EV juga melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh.

Sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX. Khusus varian Wuling Air EV Long Range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake.

Catatan rata-rata jarak tempuh dari Wuling EV yang dapat dicapai oleh pengguna kurang dari 50 kilometer per harinya. Sehingga, Air EV mampu menempuh jarak hingga 200 km hingga 300 km sekali charge.

Baca Juga: Cloud EV Dikabarkan Bakal Hadir di Indonesia, Begini Kata Wuling Motors

Berapa biaya pengisian daya listrik Wuling Air EV?

Melansir dari laman Wuling, adapun rata-rata biaya pengisian daya mobil listrik adalah Rp7.833.312 untuk menempuh jarak 24.140,16 km per tahun (Rp646.787 per bulan).

Catatan ini bisa dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar minyak dengan biaya sebesar Rp18.038.177 per tahun.

Tentunya, penggunaan tersebut bisa berubah sesuai dengan penggunaan dan kesehatan baterai.

Pada pertengahan tahun 2023, Air EV mendapatkan pembaruan versi yang lebih murah bahkan tak sampai Rp 200 jutaan. Varian ini adalah Air EV Lite dengan fitur yang dikurangi adalah airbags yang berjumlah 1 saja.

Sementara, dari jarak tempung varian lite masih mendapatkan 200 km dalam sekali pengisian daya atau sama dengan Standard Range. 

Adapun pesaing langsung Wuling Air EV adalah varian DFSK Mini EV hingga Daihatsu Ayla EV, namun belum beredar di Indonesia.

Baca Juga: Masuk 10 Besar di Pasar Otomotif Nasional, Begini Kata Wuling Motors

Pastikan Anda tetap pantau kabar diskon PPN pada mobil listrik dengan TKDN di atas 40% termasuk Wuling Air EV hingga Desember 2023 mendatang.

Untuk itu, banderol resmi dari diskon PPN belum tampil pada laman resmi dari Wuling. Anda dapat menghubungi diler terdekat untuk mengetahui promo tersebut.

Intip banderol harga mobil listrik Wuling Air EV Lite, Standard Range, hingga Long Range dilansir dari laman resmi per Oktober 2023.

Wuling Air EV Lite dari Rp 206.000.000 disubsidi menjadi Rp 189.000.000. Sedangkan, Wuling Air EV Standard Range dari Rp 243.000.000 disubsidi menjadi Rp 222.000.000.

Varian tertinggi dari mobil listrik ini adalah Long Range dari Rp 299.500.000 disubsidi menjadi Rp 263.500.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru