Apple resmi luncurkan produk MacBook tebaru dengan chip buatan sendiri

Rabu, 11 November 2020 | 12:36 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Apple resmi luncurkan produk MacBook tebaru dengan chip buatan sendiri


APPLE - SAN FRANCISCO. Sesuai dengan pengumuman yang telah beredar sebelumnya, Apple resmi menggelar Apple Event November pada hari Selasa (10/11). Dalam Apple Event bertajuk "One More Thing" ini, sepasang MacBook baru diperkenalkan.

Poin penting pada seri MacBook baru ini adalah penggunaan chip baru buatan Apple bernama Apple Silicon M1. Penggunaan chip M1 menandai pergeseran dari teknologi Intel Corp yang telah mendukung Mac selama hampir 15 tahun.

Pada Apple Event kali ini, MacBook Air dan MacBook Pro 13-inci baru diperkenalkan sebagai pengguna pertama chip M1, yang diklaim mampu bekerja lebih baik dari chip buatan Intel.

MacBook Air dengan chip M1 menjanjikan performa, daya tahan baterai, serta efisiensi fungsi yang lebih baik. Ketiga aspek tersebut merupakan fitur utama yang ditegaskan selama Apple Event berlangsung.

Baca Juga: Ini daftar harga iPhone 12 yang meluncur dalam empat varian

MacBook Pro 13-inci dengan chip M1

MacBook kedua adalah MacBook Pro 13-inci, juga menggunakan chip M1, menggantikan chip Intel x86 yang dipakai pada versi sebelumnya.

CPU 8-core menawarkan kinerja hingga 2,8x lebih cepat dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci sebelumnya. Berkat efisiensi chip M1, MacBook Pro baru menawarkan pemutaran video hingga 20 jam dengan sekali pengisian daya, dua kali lipat dari versi sebelumnya.

Apple mengatakan MacBook Pro 13 inci lebih baik dibandingkan dengan laptop Windows di kelasnya, menawarkan kinerja hingga 3x lebih baik.

MacBook Air akan dijual dengan harga mulai dari US$ 999 (Rp 14,1 jutaan). Sementara MacBook Pro 13-inci akan dijual dengan harga mulai dari US$ 1.299 (Rp 18,3 jutaan).

Dua jagoan baru dari Apple ini akan akan mulai dipasarkan pekan depan, sementara pemesanannya sudah bisa dilakukan mulai hari ini melalui situs resmi Apple.com.

Selanjutnya: Apple tawarkan penggantian gratis untuk AirPods Pro yang bermasalah, ini syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru