5 Laptop Ini Punya Spesifikasi Tinggi, Tapi Harga Terjangkau, Penasaran?

Rabu, 26 Oktober 2022 | 05:48 WIB Sumber: Kompas.com
5 Laptop Ini Punya Spesifikasi Tinggi, Tapi Harga Terjangkau, Penasaran?

ILUSTRASI. Dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja, laptop menjadi salah satu barang yang dibutuhkan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam dunia perkuliahan maupun dunia kerja, laptop menjadi salah satu barang yang dibutuhkan. Dalam memilih laptop, tentunya setiap orang menginginkan  yang terbaik dan bisa dipakai dalam jangka waktu cukup lama. 

Berikut rekomendasi lima laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga cukup terjangkau. 

1. Lenovo Chromebook Duet 3 

Dilansir dari Digital Trends, Sabtu (22/10/2022), Chromebook telah menjadi pilihan laptop yang terjangkau dan populer selama beberapa tahun terakhir. Lenovo Chromebook Duet, yang sekarang di generasi ketiganya, tidak hanya merupakan tablet yang sangat berguna tetapi juga memiliki keistimewaan berkat penutup penyangga yang disertakan serta keyboard yang dapat dilepas. 

Meski, harga rendah Lenovo Chromebook Duet 3 membawa beberapa batasan dan spesifikasi dasar. Prosesor Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB tidak memberikan kinerja yang luar biasa, meskipun cukup baik untuk jenis tugas standar di lingkup kantor. Layarnya sangat bagus, dengan resolusi 15:9 2K (2000 x 1200) yang tidak setajam pixel seperti iPad dasar Apple yang bersaing dengan Duet. 

Jika Anda menginginkan tablet untuk penjelajahan web, pekerjaan produktivitas ringan, dan konsumsi media, maka Chromebook Duet 3 dan Chrome OS sudah bisa membantu Anda. Harga satu unit laptop ini adalah Rp 3,6 juta. 

Baca Juga: Ini 3 Cara Membuka File ZIP di Android, iPhone, sampai Laptop

2. Laptop Dell Inspiron 15 3000 

Dell Inspiron 15 3000 memberikan keseimbangan yang luar biasa sebagai laptop bisnis. Perangkat ini mampu menampilkan daya komputasi umum yang kuat dan efisien, seperti CPU Intel Core i5 generasi ke-11, RAM 8GB, dan SSD 256GB. 

Dengan kualitas build Inspiron yang khas, sistem ini meminjam beberapa fitur desain hebat dari jajaran XPS yang lebih premium tetapi membuatnya tersedia dalam bentuk yang lebih terjangkau. Menariknya, laptop ini memiliki berat tidak sampai 4 pon. 

Keunggulan lainnya yakni memiliki keyboard tahan tumpahan yang hebat, Wi-Fi 6 dan konektivitas bluetooth, dan webcam 720p yang dipasang di atas untuk konferensi. Harga satu unit Laptop Dell Inspiron 15 3000 yakni sekitar Rp 7,5 juta. 

3. Surface Laptop Go 2 

Siswa biasanya menginginkan laptop yang mudah dibawa-bawa dan yang memberikan kinerja cukup baik untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka. Untuk menunjangnya, laptop ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan. 

Selain itu, laptop ini juga dibelaki CPU Core generasi ke-11. Grafik telah ditingkatkan ke Intel Iris Xe, penyimpanan entry-level telah digandakan menjadi 128GB, dilengkapi webcam yang ditingkatkan kualitasnya, dan dilengkapi dengan Windows 11 Home bukannya Windows 10 dalam mode S. 

Surface Laptop Go 2 juga merupakan perangkat yang sangat mobile dengan layar sentuh IPS 12,4 inci yang meskipun resolusinya tidak cukup FHD, masih berkualitas sangat tinggi dan menyenangkan untuk digunakan. Harga satu unit laptop Surface Laptop Go 2 yakni Rp 11 juta. 

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop Windows 10/11 Tanpa Aplikasi Tambahan, Ada Snipping Tool

4. Dell XPS 13 (9315) 

Satu unit laptop Dell XPS 13 9315 dibanderol dengan harga 829 dolar AS atau sekitar Rp 12,8 juta untuk model entry level-nya. Menariknya, laptop ini dibekali dengan Windows. Sangat jarang ada laptop Windows di bawah harga 1.000 dollar AS yang sudah tersemat kualitas build XPS 13 yang sangat baik, estetika yang menarik, dan masa pakai baterai yang luar biasa. 

Dengan harga serendah itu, Anda mendapatkan CPU Intel Core i5-1230U 9 watt dengan 10 core dan 12 thread yang memberikan kinerja produktivitas yang kompeten. Laptop ini juga memiliki keyboard yang nyaman yang bisa meningkatkan kinerja pekerjaan Anda. 

Selain itu, laptop ini dibekali SSD 512GB, yang termasuk banyak dengan harga Rp 12,8 juta, dengan kualitas build dan tampilan bagus yang tidak biasa. Kekurangan dari laptop ini adalah tidak ada jack headphone dan performanya kurang. 

Baca Juga: Apple Diprediksi Rilis iPad dengan Layar Lipat di Tahun 2024

5. HP Victus 15 

Laptop gaming terbaik biasanya dikenal mahal, tetapi HP Victus 15 adalah contoh laptop berkualitas dengan harga cukup bersaing dengan laptop gaming lainnya. Laptop ini dibanderol dengan harga Rp 13,65 juta per unitnya. 

Dengan harga serendah itu, Anda bisa mendapatkan beberapa spesifikasi yang mengesankan. Termasuk Intel Core i5-12500H generasi ke-12, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 1650, RAM 8GB dan solid-state drive (SSD) 256GB dengan opsi untuk CPU yang lebih cepat, grafik yang lebih kuat, juga penyimpanan ekstra. Setiap model hadir dengan layar IPS 1080p 15,6 inci. 

Dan dengan membayar lebih sebesar Rp 621.000, layar tersebut dapat berjalan pada kecepatan refresh 144Hz. Dengan kualitas build yang layak dan kinerja game yang sangat bagus, Victus 15 menawarkan paket game yang solid dengan harga yang sangat kompetitif.

Meski begitu, laptop ini memiliki titik lemah, terutama bahwa kartu grafis awal tidak sekuat apa yang akan Anda lihat di laptop yang lebih mahal, tetapi masih cukup untuk game entry-level.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Laptop Spesifikasi Tinggi dengan Harga Cukup Terjangkau"
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru